INFORMASI,
SISTEM dan PSIKOLOGI
Menurut
Robert Murdik (1973). Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu
bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan
saat ini atau mendatang.
Menurut
Zulkifli
(1977), informasi adalah aat bantu untuk mengurangi ketidakpastian.
Makin besar bantuannya untuk mengurangi ketidakpastian makin tinggi nilai
informasi tersebut.
Adapun
ciri-ciri informasi antara lain adalah (1) benar atau salah yaitu berhubungan
dengan realitas atau tidak, informasi dapat sama sekali baru dan segar bagi
penerimanya, (2) tambahan yaitu informasi dapat memperbaharui atau memberikan
tambahan baru pada informasi yang telah ada, (3) korektif yaitu informasi dapat
menjadi korektif atas infomasi yang salah, (4) penegas yaitu informasi dapat
mempertegas informasi yang telah ada.
Selain
ciri-ciri juga terdapat kualitas dari informasi itu sendiri adalah akurat yaitu
(1) informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau
menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya,
(2) tepat pada waktunya yaitu informasi yang datang pada penerima tidak boleh
terlambat, relevan yaitu informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.
Jenis
– jenis informasi ada 2 sebagai berikut : formal yaitu informasi yang
dihasilkan dalam informasi, informal yaitu informasi yang dihasilkan diluar
informasi.
Informasi dapat dikatakan baik jika memiliki
kriteria dan karakteristik sebagai berikut: (1) information must be
pertinent yaitu informasi
harus berhubungan. Pernyataan informasi harus berhubungan dengan urusan dan
masalah yang penting bagi penerima informasi (orang yang membutuhkan informasi
tersebut), (2) information must be accurate yaitu informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak
memiliki bias atau menyesatkan. Informasi yang dihasilkan harus mencerminkan
maksudnya. Keakuratan informasi seringkali bergantung pada keadaan, (3) information
must be timely yaitu informasi harus ada ketika dibutuhkan. Informasi yang
datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak
akan mempunyai nilai lagi karena informasi merupakan landasan di dalam
pengambilan keputusan, (4) relevan yaitu informasi tersebut mempunyai manfaat
untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang yang satu dengan
yang lainnya pasti berbeda
Biasanya sering kita
dengar selain informasi juga ada sistem, sistem itu sendiri adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen
atau elemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung
membentuk keseluruhan yang kompleks.
Menurut Ludwig Von Bartalanfy, sistem merupakan seperangkat sistem yang
saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan
lingkungan.
Sedangkan menurut Scott (dalam Hanif Al Fatta, 1996) sistem terdiri dari beberapa unsur seperti masukan (input), pengolahan
(processing), serta keluaran (output).
Adapun ciri pokok sistem menurut Gapspert ada 4 yaitu (1) sistem itu
beroperasi dalam suatu lingkungan, (2) terdiri atas unsur-unsur, (3) ditandai
dengan saling berhubungan, (4) mempunyai satu fungsi atau tujuan utama.
Karakteristik sistem adalah (1) komponen yaitu suatu sistem terdiri dari komponen yang saling
berinteraksi , artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen -
komponen dari suatu sistem biasanya dikenal dengan subsistem, (2) batas sistem merupakan daerah yang membatasi
antara sistem yang satu dengan sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya.
Dengan adanya batas sistem ini maka sistem dapat membentuk suatu kesatuan,
karena dengan batas sistem ini fungsi dan tugas dari subsistem yang satu dengan
lainnya berbeda tetapi tetap saling berinteraksi, (3) lingkungan luar sistem
yaitu segala sesuatu diluar dari batas sistem yg mempengaruhi operasi dari
suatu sistem disebut lingkungan luar sistem (environment). Lingkungan luar
sistem ini dapat bersifat menguntungkan atau merugikan, (4) penghubung sistem merupakan
suatu media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya untuk
membentuk satu kesatuan, sehingga sumber-sumber daya mengalir dari subsistem
yang satu ke subsistem lainnya, (5) sasaran sistem dan tujuan sistem yaitu setiap
sistem pasti mempunyai tujuan ataupun sasaran yang mempengaruhi input yang
dibutuhkan dan output yang akan dihasilkan.
Selain itu sistem juga dapat diklarifikasikan menurut Kusrini (2007)
yaitu (1) sistem abstrak dan sistem fisik. Sistem abstrak adalah suatu sistem
yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik sedangkan
sistem fisik adalah sistem yang ada secara fisik, sistem alamiah dan sistem
buatan manusia, (2) sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses
alam sedangkan sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia,
(3) sistem tertentu dan sistem tak tentu.Sistem tertentu adalah suatu sistem
yang operasinya dapat diprediksi secara tepat sedangkan sistem tak tentu adalah
sistem dengan perilaku ke depan yang tidak dapat diprediksi, (4) sistem
tertutup dan sistem terbuka. Sistem tertutup adalah sistem yang tidak
terpengaruh oleh lingkungan luar atau otomatis sedangkan sistem terbuka adalah
sistem yang berhubungan dan terpengaruh oleh ligkungan luar.
Sebagai pengguna sistem informasi yang ada,
psikologi juga dapat berperan didalamnya. Ilmu psikologi sudah
dikenal jauh pada masa yunani kuno yakni pada jamannya Aritoteles. Pada waktu
itu ilmu psikologi dikenal dengan ilmu jiwa yang artinya ilmu untuk kekuatan hidup. Dalam pandangan Aritoteles,
ilmu jiwa dipandang sebagai ilmu mempelajari tentang gejala kehidupan. Dalam
setiap kehidupan ada unsur jiwa yang mengisi kehidupan tersebut.
Psikologi
adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan pola pikir yang
berusaha mengendalikan mental dan tingkah laku manusia.
Ditinjau
dari segi obyeknya psikologi dapat dibedakan dalam dua golongan besar yaitu :
(1) psikologi yang menyelidiki dan mempelajari manusia, (2) psikologi yang
menyelidiki dan mempelajari hewan yang umumnya lebih tegas disebut psikologi
hewan.
Sedangkan
jika dilihat dari ruang lingkupnya, psikologi digolongkan ke dalam dua bagian
yaitu : (1) psikologi umum adalah psikologi yang menyelidiki dan mempelajari
perilaku manusia pada umumnya yang dewasa, normal dan beradab, (2) psikologi
khusus adalah psikologi yang menyelidiki dan mempelajari segisegi kekhususan
dari perilaku manusia. Psikologi khusus ini bermacam-macam antara lain
psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi
kepribadian, psikologi industri, psikopatologi.
Dalam
bidang pendidikan juga berkembang psikologi belajar, psikologi mengajar,
psikologi inteligensi, psikologi motivasi dan sebagainya sedangkan psikologi
perkembangan sering disebut psikologi genetik karena memang bidang cakupnya
bersangkutan dengan asal usul dan hakikat dan pertumbuhan suatu tingkah laku.
KESIMPULAN
Informasi
adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang berarti bagi
penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
Adapun ciri-ciri informasi antara lain adalah benar atau salah, tambahan, korektif,
dan penegas sedangkan sistem adalah merupakan
seperangkat sistem yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara
unsur-unsur tersebut dengan lingkungan. Karakteristik sistem itu sendiri adalah
komponen, batas sistem,
lingkungan luar sistem, penghubung sistem, serta sasaran sistem dan tujuan
sistem. Psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku
dan pola pikir yang berusaha mengendalikan mental dan tingkah laku manusia. Dilihat
dari segi obyeknya psikologi dibedakan dalam dua golongan yaitu psikologi yang
menyelidiki dan mempelajari manusia serta psikologi yang menyelidiki dan
mempelajari hewan.
SUMBER :
Amsyah, zulkifli. (1977).
Manajemen sistem informasi. Jakarta: PT gramedia pustaka utama.
http://fekon.untad.info/index.php?option=com_content&view=article&id=5:karakter-informasi&catid=1:latest-news&Itemid=50
Fatta,
hanif. (2007). Analisis dan perancangan
sistem informasi untuk keunggulan
bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Kusrini.
(2007). Tuntutan praktis membangun sistem
informasi akuntansi dengan visual basic dan microsoft sql selve. Yogyakarta:
C.V Andi Offset.
Gunarsa. (2008). Dasar dan teori perkembangan anak. Jakarta:
PT BPK Gunung Mulia.